20 Contoh Kultum dan Ceramah Agama Terlengkap

Contoh Ceramah Agama – Berikut ini adalah beberapa contoh naskah ceramah agama baik singkat maupun panjang yang dikumpulkan oleh Wawasan Edukasi. Contoh naskah ceramah ini diambil dari berbagai macam sumber yang relevan dengan materi dan isi ceramah agama.

Tidak usah panjang lebar, berikut ini adalah beberapa daftar contoh materi kultum dan ceramah baik yang singkat maupun yang panjang.

  1. Solusi Islam dalam mengatasi kerusakan moral
  2. Jual beli khamar
  3. Keutamaan Beramal Shaleh
  4. Ciri-ciri Orang Beriman
  5. Hakikat Cinta Kepada Allah
  6. Perang Melawan Syitan dan Cara Menutup Pintu Masuknya
  7. Keutamaan Orang Berilmu
  8. Anjuran Ber Amar Ma’ruf Nahi Munkar
  9. Dinul Islam
  10. Ukhuwah Islamiyah
  11. Anjuran Berbakti Kepada Ibu
  12. Kemuliaan Wanita
  13. Pergaulan Remaja Masa Kini
  14. Ceramah Singkat tentang Kesabaran
  15. Kultum Singkat tentang Maulid Nabi Muhammad SAW
  16. Ceramah Agama Islam tentang Bersyukur
  17. Kultum Singkat tentang Narkoba
  18. Keutamaan Sedekah
  19. Kenakalan Remaja
  20. Dampak harta halal dan haram bagi kehidupan manusia

 

Contoh Kultum dan Ceramah Singkat tentang Keutamaan Gemar Bersedekah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bapak-bapak, Ibu-bu dan hadirin sekalian yang berbahagia,

Terlebih dahulu, marilah kita semua senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena hanya atas limpahan rahmat, ni’mat dan hidayah-Nya kita sekalian diperkenankan hadir dalam majelis ini untuk lebih memperdalam lagi pengetahuan kita tentang syariat agama Islam. Mudah-mudahan pengajian ini dirahmati Allah SWT.

Sholawat serta salam semoga senantiasa terlimpah kepada junjungan dan suri tauladan kita, penutup para Nabi dan Rasul, Nabi Besar Muhammad SAW. Karena beliaulah pelita bagi kita semua dan seluruh alam ini. Sehingga kini dapat merasakan keni’matan iman dan Islam.

Bapak-bapak, Ibu-ibu dan Hadirin sekalian.

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 254.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِمَّا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لَا بَيْعٌ فِيهِ وَلَا خُلَّةٌ وَلَا شَفَاعَةٌ ۗ وَالْكَافِرُونَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.” (Q.S. Al Baqarah 254).

Allah SWT memerintahkan kepada kita sekalian untuk membelanjakan sebagian dari rizqi yang telah diberikan kepada kkita di jalan-Nya. Sebab hakekat-Nya harta yang kita miliki adalah merupakan titipan Allah SWT, maka sudah menjadi keharusan bagi kita untuk memberikan kepada-Nya bilamana Allah memintanya kepada kita. Jadi sungguh amat hina dan keliru jika kita berfikir semua harta yang kita peroleh adalah merupakan semata karena hasil jerih payah kita sendiri. Karena hanya Allah lah yang menentukan besar-kecilnya rizqi yang kita peroleh, adapun kita hanyalah berkewajiban untuk berusaha dan berdo’a.

Dan perlu kita semua ketahui bahwa betapa besarnya pahala yang akan kita peroleh bila kita gemar melakukan sedekah dengan hati tulus dan ikhlas. Berkaitan dengan hal ini, Rasulullah SAW pernah bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh hadits berikut ini.

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعَلَى قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدٌ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ عَوْنٍ عَنْ حَفْصَةَ عَنْ أُمِّ الرَّائِحِ عَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الصَّدَقَةَ عَلَى الْمِسْكِينِ صَدَقَةٌ وَعَلَى ذِي الرَّحِمِ اثْنَتَانِ صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ

Artinya “Telah mengabarkan kepada kami [Muhammad bin Abdul A’la] dia berkata; Telah menceritakan kepada kami [Khalid] dia berkata; Telah menceritakan kepada kami [Ibnu ‘Aun] dari [Hafshah] dari [Ummu Ar Raaih] dari [Salman bin ‘Amir] dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya sedekah kepada orang miskin pahalanya satu sedekah, sedangkan sedekah kepada kerabat pahalanya dua; pahala sedekah dan pahala silaturrahim.” (HR. Nasai No. 2535)

Untuk itu, marilah kita berlomba-lomba dalam membelajakan harta kita dijalan Allah SWT. Agar kita semakin dekat kepada-Nya dan kepada surga-Nya. Bukan hanya itu jika kita banyak mendermakan harta kita maka manusiapun akan dekat dan senang bersaudara dengan kita. Dan sebaliknya, jika kita bakhil, maka orang akan membenci kita jauh dari Allah dan surga-Nya serta semakin dekat dengan neraka-Nya.

Namun dalam hal ini, yang perlu kita ingat adalah saat kita bersedekah dan beribadah lakukan semua itu dengan hati yang tulus dan ikhlas seraya mengharap ridho Allah SWT bukan karena mengharap sanjungan dari orang lain.

Kiranya cukup sekian yang dapat saya sampaikan kepada para hadirin. Mudah-mudahan apa yang telah sampaikan ini dapat membawa manfaat bagi kita semua yang ada dalam majelis ini. Semoga Allah SWT selalu memberikan ridho-Nya kepada kita semua.

Amiin Ya Robbal Alamin.

Pencarian Populer

  • kultum singkat
  • 20 kumpulan ceramah singkat
  • contoh ceramah panjang
  • cotoh klutum
  • kult
  • kultum

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *