Tryout Online Bahasa Indonesia SD 2018

Ini adalah simulasi Tryout Online Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD.

Semoga Tryout Online ini dapat membantu adik-adik semua dalam mengerjakan soal pada waktu ujian nanti.

 

Petunjuk pengerjaan

  1. Berikan centak atau klik jawaban yang dianggap benar
  2. Klik next untuk melihat dan menjawab soal berikutnya
  3. Bila semua soal sudah terjawab semua, klik submit untuk melihat hasilnya

Selamat mengerjakan.

* Kerjakanlah sesuai dengan kebiasaan adik belajar, dengan begitu adik akan merasa tenang dan mudah dalam mengerjakannya

 

1. Perhatikan cerita berikut!

“Cepat keluar semua dari mobil atau Bapak Tua ini akan celaka!” bentak salah seorang dari mereka seraya menarik baju Pak Tohir.

“Aduh… jantungku sakit!” Pak Tohir tiba-tiba menjerit sambil menekan dada sebelah kirinya. Kemudian Pak Guru tua itu berjalan sempoyongan keluar dari mobil dan akhirnya jatuh tersungkur di depan mobil kami.

Kejadian itu menarik perhatian beberapa orang yang kebetulan sedang lewat. Melihat orang-orang berdatangan, ketiga penjahat itu panik dan akhirnya melarikan diri. Setelah ketiga penjahat itu pergi, Ayah dibantu beberapa orang berusaha untuk mengangkat Pak Tohir. Mereka terkejut karena Pak Tohir justru dengan sigap bangun sendiri sambil membersihkan bajunya yang kotor. “Maaf tadi aku hanya berpura-pura,” katanya.

Simpulan cerita tersebut adalah ….

 
 
 
 

2. Bacalah kutipan teks berikut ini!

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.

Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.

Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”

Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami kumpulkan.”

Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah kepunggungku.”

Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.

Katak : “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai)

Katak : “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”

 

Latar tempat pada teks tersebut adalah ….

 
 
 
 

3. Cermati paragraf berikut!

Besok pagi ada pelajaran menggambar. Bu Intan memberikan instruksi untuk membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.

Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut adalah ….

 
 
 
 

4. Bacalah kutipan teks berikut ini!

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.

Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.

Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”

Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami kumpulkan.”

Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah kepunggungku.”

Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.

Katak : “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai)

Katak : “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”

 

Sifat tokoh Katak dalam teks drama tersebut adalah ….

 
 
 
 

5. Perhatikan cerita berikut!

“Inilah wajah pencuri itu. Perhatikan baik-baik dan segera lakukan penangkapan secepatnya!”

Pencarian segera dilakukan. Tidak sampai satu hari, pencuri itu sudah tertangkap. Di hadapan Raja ia mengakui kesalahannya telah mencuri kalung milik Putri Mekar.

Nilai moral positif pada cerita di atas adalah ….

 
 
 
 

6. Perhatikan cerita berikut!

Hujan kali ini sungguh lebat. Warga terdiam dan berdoa di dalam rumah. Tiba-tiba, air sungai yang semula tenang berubah menjadi gemuruh. Air dari hulu sungai datang begitu cepatnya. Menerjang apa saja di depannya.

Peristiwa yang mungkin terjadi berkaitan dengan isi cerita tersebut adalah ….

 
 
 
 

7. Bacalah kalimat berikut ini!

Pertumbuhan penduduk di Pulau Sumatera mengakibatkan luas hutan alam […] seiring dengan pembukaan lahan untuk perumahan.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

 
 
 
 

8. Pada rabu malam, terjadi banjir bandang di kabupaten garut Jawa Barat.

Perbaikan ejaan yang tepat pada kalimat di atas adalah ….

 
 
 
 

9. Perhatikan paragraf berikut!

Luka yang tidak segera dibersihkan akan menyebabkan […]. Apabila hal tersebut tidak segera ditangani, luka tersebut akan semakin sulit disembuhkan.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …..

 
 
 
 

10. Bacalah kutipan teks berikut ini!

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.

Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.

Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”

Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami kumpulkan.”

Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah kepunggungku.”

Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.

Katak : “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai)

Katak : “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”

 

Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut adalah ….

 
 
 
 

11. Perhatikan teks berikut!

Tanpa sengaja, Dian memecahkan gelas yang akan digunakan untuk percobaan (1) pada pelajaran IPA. Akan tetapi, Bu Indah hanya menasehati (2) dengan bunyi yang lembut. Dian yang awalnya ketakutan kini menjadi sudah tidak takut (3) lagi. Ia berjanji untuk berhati-hati (4).

Penggunaan ejaan yang salah terdapat pada nomor ….

 
 
 
 

12. Perhatikan paragraf berikut!

Pak Susilo menyisihkan sebagian gajinya untuk keperluan buku dan alat tulis murid-muridnya. Bahkan ketika ayah dan beberapa orang murid lain ingin melanjutkan ke SMP, Pak Susilo yang mengantarkan mereka dengan mengayuh perahu sendiri ke kampung seberang karena di Kampung Air belum ada SMP waktu itu.

Maksud kalimat bercetak miring adalah ….

 
 
 
 

13. Setelah berhari-hari tidak ada pembeli, akhirnya hari ini motor Pak Beni berjualan.

Perbaikan kata bergaris bawah di dalam kalimat tersebut adalah ….

 
 
 
 

14. Perhatikan teks berikut!

Pukul 05.00 kami sampai di Asrama Pondok Gede. Kami segera mandi, sarapan, dan mempersiapkan diri karena bus akan berangkat pukul 07.00 tepat. [….] Walaupun masih mengantuk karena perjalanan jauh, kami tetap semangat dan penasaran.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….

 
 
 
 

15. Bacalah teks berikut dengan seksama!

Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna

Bunglon adalah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.

Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.

Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye.

Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?

 
 
 
 

16. Perhatikan kalimat berikut!

Ibu Mesya menjelaskan: “Contoh sampah organik misalnya kertas bekas, karton bekas, kain bekas, dan daun pembungkus makanan.”

Tanda baca yang tidak tepat penggunaannya adalah ….

 
 
 
 

17. Sherli berbelanja: bayam, sawi, wortel dan kol di pasar.

Perbaikan tanda baca yang tepat pada kalimat di atas adalah ….

 
 
 
 

18. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

Cara Mengepel Lantai

(1) Peras kain pel hingga air sudah tidak menetes.
(2) Celupkan kain pel ke dalam cairan pembersih yang sudah tercampur air.
(3) Mulailah mengepel lantai secara merata.
(4) Campurkan cairan pembersih dengan air sesuai petunjuk pemakaian.
(5) Bersihan debu dari lantai dengan sapu atau pembersih debu.

Urutan petunjuk cara mengepel lantai yang benar adalah ….

 
 
 
 

19. Perhatikan kalimat berikut!

Pelajari bentuk dan gaya yang digunakan oleh penyair-penyair terkenal supaya mengenal struktur, format, sajak dan unsur lain yang digunakan dalam menulis puisi.

Penggunaan tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

 
 
 
 

20. Cermati pidato berikut!

Ingatlah ketika kita masih kelas 1 dahulu. Waktu itu kita tidak bisa membaca, tetapi sekarang telah bisa membaca. Dahulu kita tidak bisa menulis, tetapi sekarang telah bisa menulis. Dahulu kita tidak bisa menghitung, tetapi sekarang telah bisa menghitung. Tentu saja hal ini berkat kegigihan guru-guru kita dalam mengajar. Oleh karena itu, kita sebagai siswa sudah seharusnya berbakti dan hormat kepada guru.

Isi teks pidato di atas adalah ….

 
 
 
 

21. Bacalah kutipan teks berikut ini!

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.

Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.

Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”

Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami kumpulkan.”

Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah kepunggungku.”

Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.

Katak : “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai)

Katak : “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”

 

Tokoh utama dalam drama tersebut adalah ….

 
 
 
 

22. Perhatikan dua teks berikut!

Teks 1

Endah selalu saja memaki Hera. Padahal Hera tidak pernah berbuat buruk pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah jika Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah. Hera yang melihat kejadian itu langsung menolongnya.

Teks 2

Sofy adalah anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pandai di kelas, Sofy sangat disukai oleh teman-temannya. Bahkan, guru-guru juga
menyukainya.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ….

 
 
 
 

23. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1) Ia merayakan ulang tahun di panti asuhan itu dengan membagikan bingkisan pada anak-anak di panti asuhan.
(2) Tanggal 8 Mei adalah ulang tahun Mita.
(3) Mita sangat senang bisa membantu orang lain di hari bahagianya.
(4) Ia ingin merayakannya dengan cara yang tidak biasa.
(5) Saat hari ulang tahunnya tiba, ia mengunjungi panti asuhan di kotanya.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang baik dengan urutan ….

 
 
 
 

24. Bacalah paragraf berikut!

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya agar tidak jajan sembarangan dan membuat kantin sehat di sekolah.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang tepat adalah ….

 
 
 
 

25. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Aduk hingga tercampur rata.
(2) Masukan kelapa muda dan airnya ke dalam gelas saji.
(3) Es kelapa muda siap dinikmati.
(4) Tambahkan gula jawa dan es batu.
(5) Siapkan kelapa muda, air kelapa muda, gula jawa, dan es batu.

Urutan petunjuk yang tepat cara membuat es kelapa muda adalah ….

 
 
 
 

26. Bacalah teks berikut dengan seksama!

Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna

Bunglon adalah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.

Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.

Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye.

Apa warna yang kira-kira dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?

 
 
 
 

27. Perhatikan iklan berikut!

simulasi tryout online bahasa indonesia

Kata yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut adalah …

 
 
 
 

28. Bacalah paragraf berikut!

Kata ayahku, setiap hari Pak Ridwan berperahu menghampiri rumah-rumah penduduk di sepanjang bantaran sungai, termasuk rumah kakekku. Hanya untuk membujuk warga di sana agar mau menyekolahkan anak mereka.

Tema bacaan di atas adalah ….

 
 
 
 

29. Bacalah kutipan teks berikut ini!

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.

Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.

Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”

Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami kumpulkan.”

Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah kepunggungku.”

Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.

Katak : “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai)

Katak : “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”

 

Mengapa Semut ingin pindah ke tanah seberang?

 
 
 
 

30. Perhatikan pantun berikut!

Buah anggur jangan dilempar
Nanti berubah menjadi mangga
Anak sekolah rajin belajar
Jadi juara orang tua bangga

Pesan pantun di atas adalah ….

 
 
 
 

31. Perhatikan teks berikut!

Mengolah kerang memerlukan beberapa langkah. Setelah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang melekat pada bagian dalam cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut membuat pola model hiasan yang diinginkan. Pola ini ber fungsi sebagai cetakan untuk menggambar sketsa pada cangkang kerang.

Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ….

 
 
 
 

32. Bacalah teks berikut dengan seksama!

Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna

Bunglon adalah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.

Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.

Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye.

Berikut ini adalah tebel perubahan warna bunglon

Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah …

 
 
 
 

33. Perhatikan gambar berikut!

tryout online bahasa indonesia sd 2018

Deskripsi yang sesuai dengan gambar binatang tersebut adalah ….

 
 
 
 

34. Bacalah kutipan teks berikut ini!

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.

Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.

Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”

Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami kumpulkan.”

Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah kepunggungku.”

Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.

Katak : “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai)

Katak : “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”

 

Bagaimana cara Katak mengantarkan Semut ke tanah seberang?

 
 
 
 

35. Pulang dari Semarang, tante membawakanku [….].

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….

 
 
 
 

36. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker
(1) Masukkan ke dalam rice cooker.
(2) Tekan tombolnya dan tunggu hingga matang.
(3) Cuci beras hingga bersih lalu beri air secukupnya.
(4) Takar beras secukupnya.
(5) Colokkan kabel rice cooker ke sumber listrik.

Urutan petunjuk cara membuat nasi dengan rice cooker yang benar adalah ….

 
 
 
 

37. Perhatikan paragraf berikut!

Hari ini, 22 September adalah hari Badak Sedunia. Peringatan “hari Badak” diadakan untuk melihat hasil dari upaya menyelamatkan hewan langka ini. Dalam rangka hari Badak Sedunia tahun 2016, World Wildlife Fund (WWF) Indonesia menyatakan, bahwa kondisi badak sumatra tak sebaik badak jawa.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….

 
 
 
 

38. Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat ….

 
 
 
 

39. Perhatikan bacaan berikut!

Antena panjang yang kadang melebihi tubuhnya menjadi ciri khas jenis kumbang ini. Antena tersebut berfungsi sebagai radar pendeteksi objek sekitar. Antena terhubung ke mata majemuk. Hal tersebut membuat kumbang ini dapat melihat dan mendeteksi lingkungan sekitarnya.

Kalimat utama paragraf di atas adalah ….

 
 
 
 

40. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1) Iwan segera memapahnya ke rumah.
(2) Yulhan sedang bermain di rumah Iwan.
(3) Lututnya memar dan pergelangan kakinya terkilir.
(4) Ibu Iwan segera memberikan pertolongan pertama sebelum Yulhan dibawa ke puskesmas.
(5) Ketika sedang bermain bola, tiba-tiba Yulhan jatuh.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf dengan urutan ….

 
 
 
 

41. Perhatikan iklan berikut!

Mari berhemat!
Matikan keran air jika tidak […]!

Kata yang tepat untuk melengkapi iklan di atas adalah ….

 
 
 
 

42. Pada hari Minggu diadakan kerja bakti. Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama membersihkan kelas, sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman.

Persamaan kata yang bergaris bawah dalam kalimat tersebut adalah …

 
 
 
 

43. Perhatikan syair berikut!

Jadilah orang yang mulia
Dikagumi karena prestasinya
Dibanggakan karena akhlaknya
Dicintai karena kebaikannya

Maksud syair di atas adalah ….

 
 
 
 

44. Perhatikan pidato berikut!

Seringkali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan. Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berserakan di mana-mana. [….]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah ….

 
 
 
 

45. Perhatikan teks berikut!

Esok paginya, kami berangkat dengan menggunakan sepeda. Setelah perjalanan selama 2 jam, kami sangat senang karena bisa tiba di Pantai Parangtritis dengan selamat. Kami bersenang-senang sambil menikmati indahnya Pantai Parangtritis hingga tak terasa bahwa matahari sudah berwarna jingga. Kami bergegas mengambil sepeda lalu pulang dengan hati gembira.

Paragraf tersebut termasuk jenis ….

 
 
 
 

Question 1 of 45

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *