Contoh Materi Pidato Tentang Upaya Pemanfaatan Internet Oleh Generasi Muda Milenial

 Contoh Pidato Mengenai Upaya Pemanfaatan Internet Oleh Generasi Muda

Assalamu’alaikum Wrahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati Bapak/Ibu ……………

Yang saya hormati Bapak/Ibu ……………

Serta rekan-rekan sekalian yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena berkat Rahmad serta Karunia-Nya kita dapat berkumpul di tempat yang indah ini. Sholawat teriring salam tak lupa kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah yang gelap gulita, menuju jalan yang terang benderang seperti yang kita rasakan saat ini.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan kali ini, perkenankanlah saya menyampaikan pembahasan mengenai upaya pemanfaatan internet di kalangan generasi muda.

Era digital yang menjadi ciri dari globalisasi, sepertinya tidak dapat melepaskan diri kita dari penggunaan internet.Komunikasi saat ini sudah banyak memanfaatkan internet, belum lagi berbagai pelayanan publikyang perlahan-lahan mulai memanfaatkan internet.Keefektifan dan keefisienan yang ditawarkan oleh internet membuat banyak orang beralih ke internet untuk memperoleh informasi yang cepat dan beragam.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang bekerjasama dengan Lembaga Polling Indonesia (LPI) menghasilkan sebuah temuan bahwa pada tahun 2016, terjadi pertumbuhan penggunaan internet sekitar 14,4%, yang pada tahun lalu berjumlah 88,1 juta pengguna, pada tahun 2016 mencapai 132,7 juta pengguna. Berdasarkan hasil survei tersebut, diperoleh informasi bahwa pengguna internet terbesar kedua adalah usia anak dan remaja. Selain digunakan untuk mengakses media sosial dan informasi, internet umumnya digunakan untuk mengakses video hiburan.Hasil survei ini menjadi sangat menarik, karena menghasilkan banyak catatan penting bagi banyak pihak, untuk menjadikannya sebagai bahan bagi peluang pemanfaatan internet maupun menjadi sebuah masukan untuk menyajikkan internet yang lebih aman.

Hadirin yang saya hormati,

Dapat saya katakan, bahwa internet diibaratkan sebagai dua mata pisau. Di satu sisi internet dapat memberikan hal positif jika dimanfaatkan secara tepat, namun di sisi lain dapat memberikan hal negatif karena tidak tepat pemanfaatannya. Tidak jarang seorang anak atau generasi muda memperoleh informasi negatif seperti ujaran kebencian dan berita palsu (hoax) yang kemudian membentuk kerangka berpikirnya. Oleh karena itu, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh berbagai pihak, generasi muda yang cenderung mudah mempelajari segala sesuatu dari internet perlu diarahkan agar internet tidak menjadi salah satu sumber dari rendahnya kualitas pemuda Indonesia, melainkan sebaliknya pemuda Indonesia harus lebih mampu mengendalikan dan memanfaatkan internet untuk memberikan dampak positif bagi dirinya maupun lingkungan.

Selain dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi, internet dapat menjadi media bagi generasi muda untuk mengembangkan kreativitasnya.Sebagaimana kita pahami, telah banyak konten-konten yang muncul yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu karya positif. Karena semakin bertambahnya jumlah pengguna internet, bukan tidak mungkin jika karya yang memiliki kreativitas tinggi akan banyak diakses oleh pengguna. Dengan perkataan lain, sudah saatnya generasi muda Indonesia bukan hanya menjadi konsumen dari suatu konten, melainkan menjadi produsen dari konten positif. Karena pada dasarnya, era digital selalu diiringi dengan kemajuan teknologi, namun apakah kita sebagai pengguna teknologi juga mengalami kemajuan juga?.Untuk itulah, agar kita tidak dikendalikan oleh teknologi, maka sudah seharusnya kita memanfaatkan penggunaan internet secara maksimal, sudah saatnya kita mengendalikan internet untuk menghasilkan karya atau konten yang yang positif. Konten positif bukan berarti selalu berkaitan dengan hal yang terlampau serius, melainkan konten positif adalah konten yang membuat orang lain dapat memperoleh hal positif dari konten tersebut, baik itu berupa pendidikan, informasi, tutorial, hiburan atau lainnya.

Hadirin yang saya hormati,

Untuk dapat mengarahkan generasi muda agar dapat menghasilkan konten positif, maka diperlukan peranan berbagai pihak.Salah satunya, seperti yang pernah dilakukan oleh Maarif Institute bersama YouTube Creators for Change, yang mengadakan pelatihan pembuatan konten video positif bagi siswa tingkat SMA/SMK di beberapa kota.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk menjadikan pembuatan konten video positif sebagai tren bagi generasi muda.Seharusnya pelatihan pengembangan konten positif yang demikian lebih sering diadakan dan dapat menyentuh seluruh lapisan generasi muda. Karena dapat saja generasi muda yang memiliki kreativitas tinggi namun belum mengetahui cara mengembangkan sebuah konten. Hal ini dapat menjadi masukan bagi sekolah atau lingkungan masyarakat, agar dapat bekerjasama dengan pihak kompeten untuk dapat mengarahkan generasi muda menghasilkan karya melalui internet. Jika membuat konten positif telah berkembang secara massif dan menjadi tren, maka bukan tidak mungkin hal ini akan lebih mudah untuk diikuti.

Namun, keamanan internet untuk dimanfaatkan generasi muda juga perlu ditingkatkan.Walaupun pemerintah telah melakukan upaya pemblokiran berbagai konten bermuatan negatif, hal tersebut masih harus terus dilakukan.Pemerintah, perusahaan jasa internet bahkan orang tua harus tetap memainkan perannya untuk mengawasi dan menghalau akses generasi muda ke konten-konten negatif.Oleh karena itu, untuk dapat mengarahkan generasi muda agar memanfaatkan internet secara positif, diperlukan kerjasama berbagai pihak untuk dapat menciptakan iklim yang mendukung untuk bisa mengembangkan kemampuan generasi muda dalam menghasilkan karya positif berbasis internet.

Demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan, semoga harapan kita semua agar generasi muda dapat lebih bijak dalam menggunakan internet dan menghasilkan karya positif dapat terealisasi secara massif.Terimakasih atas perhatian Bapak, Ibu serta rekan-rekan sekalian.Mohon maaf apabila terdapat kekeliruan dalam penyampaian saya.Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca juga contoh pidato yang lainnya:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *