Uji Regresi Linier

Wawasan Edukasi – Uji Regresi Linie. Secara umum, definisi regresi linier adalah sebuat alat atau skema statistik yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau gambaran mengenai pola hubungan antara dua variable atau lebih. Dalam uji regresi liner terdapat 2 variabel yang mempengaruhi hasil sebuah analisis.
  • Variabel Respon disebut juga variabel dependen yaitu variabel yang keberadaannya dipengaruhi oleh variabel lainnya dan dinotasikan dengan variable Y .
  • Variabel Prediktor disebut juga dengan variabel independen yaitu variabel yang bebas (tidak dipengaruhi oleh variabel lainnya) dan dinotasikan dengan X.
Untuk mempelajari hubugan – hubungan antara variabel bebas maka regresi linier terdiri dari dua bentuk, yaitu:
  • Analisis regresi linier sederhana (simple analysis regresi)
  • Analisis regresi linier berganda (Multiple analysis regresi)
Regresi linier sederhana merupakan uji statistik yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel bebas (variabel independen) dan variabel terikat (variabel dependen).
Sedangkan Regresi linier berganda merupakan uji statistik yang bertujuan untuk mengetahui berapakah besarnya nilai hubungan antara 3 variabel atau lebih. Setidaknya dibutuhkan dua variabel bebas dan satu variabel terikat dalam melakukan uji regresi berganda.
Analisis Regresi Linier Sederhana
Regresi linier sederhana digunakan untuk mendapatkan hubungan matematis dalam bentuk suatu persamaan antara variabel tak bebas tunggal dengan variabel bebas tunggal. 
Pada umumnya, regresi linier sederhana dapat digunakan bila penelitian tersebut memiliki satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Dengan bentuk umum persamaan regresi linier sederhana sebagai berikut:
Y = a + bx
Di mana:
Y = variabel tak bebas
x = variabel bebas
a = parameter intersep
b = parameter koefisien regresi variabel bebas
Menentukan koefisien persamaan a dan b dapat dengan menggunakan metode kuadrat terkecil. Sebuah cara yang dipakai untuk menentukan koefisien persamaan a dan b dari jumlah pangkat dua yaitu cara yang dipakai untuk menentukan koefisien persamaan a dan b  dari jumlah pangkat dua (kuadrat) antara titik-titik dengan garis regresi yang dicari ysng terkecil. Berikut ini merupakan persamaan yang dapat digunakan untuk menentukan koefisien a dan b.

Baca juga: Pengertian dan Jenis-jenis Variabel Penelitian

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *