Rumus Kelajuan dan Kecepatan Rata-rata

Wawasan Edukasi – Kelajuan dan Kecepatan. Kelajuan merupakan besaran skalar yang berarti hasilnya hanya ada besar. Sedangkan untuk kecepatan adalah besaran vektor yang hasil dari perhitungannya terdapat besar dan arah. 
Dalam kehidupan sehari-hari, kelajuan dan kecepatan dapat digunakan untuk memprekdisksi atau mengestimasi waktu tempuh dari suatu kota A ke kota B dengan kecepatan mobil yang sedang dijalankan. 
Seringkali terdapat kesalah pahaman yang umum terjadi di masyarakat berkaitan dengan kelajuan dan kecepatan. Seringkali orang menyebutkan bahwa dirinya sedang berjalan dengan kecepatan 100 km/jam misalnya. Bila orang tersebut tidak menyebutkan arah, maka angka tersebut merupakan angka kelajuan. Dalam fisika, menyatakan kecepatan harus disertai dengan arah. Misalnya Andi berjalan dengan kecepatan 70 km/jam ke arah utara, maka hal ini dapat dikatakan benar dalam ilmu fisika.
Kebiasaan inilah yang bisanya seringkali memuat seorang peserta didik seringkali salah dalam menjawab soal-soal pelajaran. Kesalahan ini biasanya disebut dengan istilah miskonsepsi.
Kelajuan rata-rata
Agar dapat lebih memahami, perhatikan persamaan kelajuan rata-rata berikut ini.
Dari persamaan tersebut, dapat diketahui bahwa kelajuan merupakan jarak total yang ditempuh dalam selang waktu tertentu. Jadi bila kelajuan rata-rata, yaitu jarak yang ditempuh tiap satuan waktu pada total keseluruhan waktu tempuh. 
Kecepatan rata-rata
Pengertian kecepatan rata-rata yaitu Perpindahan atau perubahan posisi yang ditempuh oleh benda tiap satuan waktu.
Agar lebih jelasnya, silahkan perhatikan persamaan berikut ini.
Jadi usahakan agar tidak salah dalam menghitung. 
Agar lebih memahami, perhatikan contoh berikut ini.
Ana berjalan lurus ke arah barat sejauh 50 m dalam waktu 80 sekon. Kemudian dia berbalik ke arah timus sejauh 30 m dalam waktu 50 sekon.
a. Berapakah kelajuannya?
b Berapakah kecepatannya?
Kelajuan: untuk menentukan kelajuan, silahkan lihat rumus kelajuan di atas. Sehingga jawabannya seperti pada gambar
Sedangkan untuk kecepatan, silahkan Anda lihat pada persamaan kecepatan rata-rata. Sehingga jawabannya akan seperti gambar di bawah ini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *