Definisi dan Konsep Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia

Wawasan Edukasi – Definisi dan konsep dasar manajemen sumber daya manusia. Suatu lembaga atau perusahaan yang memperkerjakan banyak orang pastilah menuntut tenaga ahli dalam setiap bidangnya. Kemampuan dan profesionalisme karyawan dalam setiap bidangnya dipercaya akan berdampak positif dan berpengaruh sangat besar terhadap hasil produksi atau output dari suatu lembaga, organisasi ataupun perusahaan.
 
Definisi management sumber daya manusia
Mengingat begitu pentingnya kualitas sumber daya, sampai-sampai pada suatu lembaga ataupun perusahaan diberikan staf khusus yang memang dikhususkan untuk menangani dan membentuk kualitas sumber daya manusia yang akan menjadi karyawannya.  Sebelum lebih jauh membahas mengenasi manajemen sumber daya manusia, terlebih dahulu kita harus memahami mengenai definisi apa itu manajemen sumber daya manusia. 
Menurut A.F Stoner, definisi manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk menempati posisi dan jabatan yang tepat pada organisasi yang memerlukan. 
Tidak hanya itu saja,  menurut H.F Syukur manajemen sumber daya manusia juga berkaitan tentang system perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karayawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Sehingga bila berbicara mengenai manajemen sumber daya manusia maka haruslah membicarakan mengenai semua praktik atau keputuasn yang akan digunakan saat mengambil dan mempengaruhi sumber daya manusia.  Atau lebih tepatnya yaitu manajemen sumber daya manusia adalah suatu hal (ilmu) yang memfokuskan pembahasannya, pandangannya pada pengaturan peranan sumber daya manusia dalam suatu lembaga baik, formal (pendidikan) maupun non formal.
Ada beberapa pandangan lain terkait definisi manajemen sumber daya manusia, seperti yang dikemukakan oleh Schuler (1992: 16). Ia menyatakan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan bagian terpenting dalam member kontribusi bagi pencapaian tujuan-tujuan organisasi serta memberikan kepastian bahwa pelaksanaan fungsi dan kegiatan organisasi dilaksanakan secara efektif dan adil bagi kepentingan invidu, organisasi dan masyarakat. 
Oleh karena begitu pentingnya peranan manajemen sumber daya manusia, De Cenzo dan Robbins (1996: 8) berpendapat bahwa seharusnya manajemen sumber daya manusia harus memperhatikan beberapa aspek seperti aspek staffing, pelatihan dan pengembanga, motivasi dan pemeliharaan. 
Karena pengelolaan SDM menjadi sangat penting suatu lembaga, organisasi maupun perusahaan, maka dari itu, aspek aspek yang menjadi perhatian dalam pengelolaan sumber daya manusia harus dilakukan dengan saling bersinergi satu sama lain. Seperti pendapat Werther dan Davis (1996: 18) yang menyatakan bahwa manajemen SDM merupakan integrasi keputusan yang membentuk hubungan antar karyawan. Sehingga kualitas dari sinergi akan memberikan kontribusi terhadap kemampuan SDM dan organisasi dalam mencapai tujuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *