Unsur-Unsur Penting Dalam Pembelajaran

Unsur-Unsur Penting Dalam Pembelajaran 

Wawasan Edukasi – tuntutan menjadi guru profesional yang ditujukan kepada semua guru muda guna menjawab tantangan globalisasi dan MEA membuat para calon guru mau tidak mau harus menjalankan masa-masa ini. Banyak koreksi terhadap para calon pengajar professional dalam hal kesiapan guru dalam mengajar, kemampuan guru dalam menguasai materi yang akan diajarkan dan ketidak mampuan seorang guru dalam menyampaikan materi secara tepat, menarik, dan efektif.

Beberapa kendala diatas kerap kali dialami oleh guru baru yang memang minim pengalaman mengajar. Tidak memiliki mental yang kuat dalam menghadapi siswa membuat dirinya menjadi grogi dan tidak focus sehingga berdampak kepada materi yang diajarkan tidak jelas. Permasalahan seperti inilah yang seharusnya diatasi oleh satuan pendidikan baik itu pendidikan dasar, menengah, atas maupun perguruan tinggi. Rasa grogi yang muncul ketika berada dimuka kelas membuat kreativitas guru terhambat sehingga tidak dapat memunculkan ide-ide baru, kreativ dan inovatif dalam mengajar. Metode mengajar yang monoton juga dapat berakibat pada munculnya rasa malas pada siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran karena merasa bosan berada dalam kelas dengan sebuah kegiatan pembelajaran yang monoton.

Meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar memang tidaklah mudah. Menjadi seorang guru memang bukanlah sebatas profesi, akan tetapi dibutuhkan sebuah bakat untuk dapat menjadi seorang guru yang professional dan tidak hanya sekedar mengajar menyampaikan materi ajar. Profesionalisme guru berkaitan dengan kompetensi yang dimiliki oleh setiap individu. Seorang guru yang tidak memiliki kompetensi atau tidak berkompeten secara perlahan akan tergusur oleh guru baru dengan segudang kompetensi. Menjadi seorang guru profesional hendaknya selalu mengupdate pengetahuan apa saja yang sedang berkembang. Tidak harus semua bidang, focus saja pada salah satu bidang yang ditekuni dan lakukan pengembangan secara terus menerus.

Menjadi guru professional tidak dapat diperoleh dalam sekejap waktu saja. Dibutuhkan latihan dengan waktu yang cukup lama sampai seorang guru dikatakan sebagai guru professional. Peran guru dalam kegiatan pembelajaran adalah untuk membantu peserta didik. Dua hal yang perlu dilakukan agar peran guru dalam membantu siswa dapat terwujud menurut Suparno

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *