Definisi Model Pembelajaran Kooperatif Type Numbered Head Together (NHT)

Definisi Model Pembelajaran Kooperatif Type Numbered Head Together (NHT)

Definisi Model NHT

Wawasan Edukasi – Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) merupakan  suatu model pembelajaran  yang berlandaskan teori belajar konstruktivis. Pembelajaran Kooperatif tipe NHT adalah sebuah model pembelajaran yang dikembangkan oleh Spencer Kagan dkk. Model Pembelajaran Numbered Heads Together merupakan suatu model pembelajaran yang memang dikembangkan untuk merangsang siswa agar terlibat secara langsung dalam menelaah suatu materi yang sedang diajarkan. NHT juga dirangcang untuk dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap isi pelajaran yang kemudian diharapkan siswa mampu mengajukan berbagai macam pertanyaan sebagai salah satu tanda bahwa siswa memang benar-benar memahami materi yang sedang diajarkan. Pembelajaran model NHT dikembangkan dan dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa untuk lebih aktif.

Numbered Heads Together (NHT) adalah suatu model pembelajaran yang dikembangkan untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut sebagai gantinya mengajukan pertanyaan kepada seluruh kelas (Ibrahim, 2000:28). Lie (2002:18) juga berpendapat bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) merupakan suatu sistem kerja/belajar kelompok yang terstruktur, yakni saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerjasama dan proses kelompok di mana siswa menghabiskan sebagian besar waktunya dikelas dengan bekerjasama antara 4-5 orang dalam satu kelompok.

Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menekankan siswa untuk saling bekerja sama dalam kelompok sehingga masing-masing anggota kelompok paham dengan hasil kerja kelompoknya dan bertanggung jawab terhadap hasil kerja tersebut, sehingga dengan sendirinya siswa merasa dirinya harus terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian siswa akan merasa termotivasi untuk belajar sehingga aktivitas belajar dapat meningkat yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa (Rahmi, 2008).

Numbered Head Together (NHT), Numbered , MODEL KOOPERATIF

Unsur-Unsur Model NHT

Menurut Ibrahim (2000:28) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memiliki unsur-unsur model belajar mengajar yaitu:
a. Sitakmatik

Langkah-langkah pembelajaran kooperatif NHT
1. Pendahuluan
Pada pendahuluan berisi tettang persiapan antara lain:
1) Guru menjelaskan tentang pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
2) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3) Guru melakukan apersepsi
4) Guru memberikan motivasi pada siswa
2. Kegiatan Inti
Kegiatan inti adalah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).
Fase 1 : Penomoran
Penomoran
Guru membagi siswa dalam kelompok beranggotakan 4-5 orang  dan kepada setiap anggota kelompok diberi nomor antara 1 sampai 5.
Fase 2 : Mengajukan pertanyaan
Mengajukan pertanyaan : Guru  mengajukan sebuah pertanyaan kepada siswa. Dalam hal ini guru memberikan pertanyan berupa lembar kerja siswa (LKS menggunakan Mcromedia Flash).
Fase 3 : Berfikir bersama
Berpikir bersama : Siswa berfikir bersama menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan yang berupa LKS dan meyakinkan tiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban itu.
Fase 4 : Menjawab
Menjawab : Guru  memanggil satu nomor tertentu, kemudian siswa yang nomornya sesuai mengacungkan tangannya dan mencoba menjawab pertanyaan  di depan kelas.
3. Penutup
Penutup merupakan tahap evaluasi.
1)  Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan.
2)  Siswa diberi PR dari buku paket atau buku panduan lain.
b. Sistem Sosial

Sistem sosial yang berlaku dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togerther (NHT) adalah:
Siswa diberi pengarahan untuk berdiskusi bersama kelompoknya.
Siswa bebas untuk mengemukakan pendapatnya, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan.

c. Prinsip Reaksi

Prinsip reaksi model pembelajran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) adalah:
Guru menjelaskan tentang cara pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru membagi siwa dalam bentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri dari empat sampai lima orang siswa  dan setiap kelompok mendapat nomor yang berbeda.
Guru menyampaikan materi pembelajaran
Guru memberikan pertanyaan yang berupa LKS.
Guru memberikan pengarahan siswa untuk berdiskusi dalam kelompok guna menyelesaikan permasalahan.
Guru menunjuk salah satu nomor siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan di depan kelas.

Penelitian Relevan Terkait Model NHT

Beberapa penelitian telah dilakukan terkait  dampak pelaksanaan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di dalam proses pembelajaran. Sumartini (2007:42) menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa, dimana setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), didapatkan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 75,77% (kategori aktif) dan nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 85,36%.

Penelitian lain yakni dilakukan oleh Hikmayanti (2010:49) menunjukkan hasil penelitian yang telah dilakukan yakni: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menggunakan media Flash dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran biologi. (2) Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran biologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) menggunakan media Flash termasuk dalam kategori aktif.

Baca juga 65 Model pembelajaran yang dapat Anda pilih dan sesuaikan untuk mengajar

Referensi:
Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press. 
Lie, A. 2002. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang kelas. Jakarta: Gramedia
Rahmi. 2008. ”Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam matematika”. Jurnal pendidikan. ISSN 0854-8986  vol. 89 (2): 85-89.
Hikmayanti, D. 2010. Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together Dengan Media Animasi Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Semester Ganjil SMA Negeri Kalisat Jember Tahun Ajaran 2009/2010. Tidak dipublikasikan. Jember: FKIP Universitas Jember
Sumartini, T. 2007. Pemerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Yang Berwawasan Konstruktivisme Sub Pokok Bahasan Menyelesaikan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII C Semester Ganjil Smpn Negeri 12 Jember Tahun Ajaran 2006/2007. Tidak dipublikasikan. Skripsi. Jember: FKIP Universitas Jember

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *